Catatan pelaksanaan acara DalamXLuar di Pulo Geulis

DalamXLuar adalah tema acara yang diusung oleh direktur Kampoeng Bogor yaitu, Reza Adhiatma yang ingin memberikan sebuah persperktif ruang pandang terhadap sebuah kampung. Karena masih banyak sebagian orang di luar memandang Kampung pada sisi negatifnya, namun ketika kita berani menyisakan cukup waktu untuk menyelami dan merasakan bagaimana arus kehidupan yang sebenarnya terjadi didalam, kita baru akan mengetahui bagaimana keindahan terpendam yang selama ini tidak kita ketahui. Yang pada akhirnya akan membentuk persperktif baru dalam pikiran kita terkait pemaknaan sebuah “Kampung”.

Dan hampir setahun terkahir ini kami dari Kampoeng Bogor melakukan kegiatan bersama, mulai dari pemetaan, pengumpulan data terkait pusaka kampung, dan menjalin hubungan dengan warga yang berada di kampung Pulo Geulis. Awalnya acara ini diinisiasi oleh Kampoeng Bogor dibawah platform program Melek Bogor yang berisikan anak-anak muda Bogor yang mempunyai ketertarikan sama terkait isu-isu pusaka di Kota Bogor.

Di awal acara ini pun dibuka dengan sambutan dari Pak Lurah Babakan Pasar, Ketua RW 04 Pulo Geulis dan ceremonial pemberian zine fotografi tentang Kampung Pulo Geulis dari Kampoeng Bogor. Lalu dilanjutkan dengan pertujukan tari-tarian dari anak-anak kecil, saat itu sangat terlihat antusiasme warga menonton anak-anak kecil menari dengan melempari uang (nyawer). Ditambah juga kesyahduan pada hari itu dengan lantunan sholawat dari musik hadroh (Kesenian Islam) oleh remaja masjid RT 05 dan 04, dan ada juga Band dari pemuda RT 01 yang menambah kemeriahan acara ini. Tak terasa juga malam mulai menyelimuti dan diakhir acara ditutup dengan menayakan  5 film komunitas salah satunya sebuah film documenter tentang Kampung Pulo Geulis yang dibuat oleh teman-teman Kampoeng Bogor dan Melek Bogor sukses menarik perhatian warga, walau sempat diguyur hujan lumayan deras tetapi tidak menghilangkan animo warga Pulo Geulis untuk datang.

Tidak lupa juga kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat Pulo Geulis khususnya kepada Kang Agus selaku ketua pemuda di RT 02 yang mau menerima kami di Pulo Geulis dan membantu mengkoordinir para pemuda lainnya untuk turut ikut serta berpartisipasi pada acara ini. Kami juga ucapkan terimakasih kepada Pak Bram sebagai Tokoh Masyarakat di Pulo Geulis, Pak Lurah Babakan pasar, dan Pak Hamzah Ketua RW 04 Pulo Geulis yang telah memberikan izin kepada kami untuk mengadakan kegiatan ini. Semoga kedepannya tetap terjalin silahturahmi yang erat antara masyarakat Pulo Geulis dan kami dari Kampoeng Bogor dan Melek Bogor.

 

Penulis

Ketua Pelaksana Acara DalamXLuar

 

Wanda Dani Putra