MENAPAK IDENTITAS: Jejak Masjid Tua Kota Bogor

MENAPAK IDENTITAS SAAT RAMADHAN

Banyak hal tentunya yang dapat dilakukan dalam menapaki Ramadhan. Berbagai kegiatan positif menjadi harapan dalam memanfaatkan berkahnya suatu bulan. Kampoeng Bogor sebuah komunitas yang selama ini mengusung informasi sejarah Kota Bogor dalam mendorong kepedulian terhadap kondisi kota, tentunya ingin turut serta dala memanfaatkan momen tersebut.
Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, Kampoeng Bogor ingin menciptakan ruang untuk berbagi dan bersilaturahmi bagi masyarakat Bogor yang masih menaruh kepeduliannya terhadap Bogor untuk coba berkontribusi dalam pengayaan informasi sejarah di Kota Bogor. Informasi ini harapannya kemudian dapat diakses oleh sebanyak-banyaknya masyarakat Bogor, hingga mendorong kepedulian kondisi tinggalan sejarah dan kenyamanan kota ini ke depan.
Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para punggawa Kampoeng Bogor, kini bisa diikuti pula oleh para anggota, dan masyarakat yang berminat. Mereka baik para pelajar ataupun umum sangat memungkinkan untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

 

JEJAK SYIAR ISLAM DI KOTA BOGOR
Perkembangan Islam di Kota Bogor tentunya tidak dapat terlepas dari proses penyebaran Islam di Indonesia. Mulai kedatangan para bangsa Arab dari Asia Tengah sampai peran para Wali yang telah berhasil mengembangkan Islam di Tanah Jawa. Kemudian menyisakan lah Pajajaran yang menjadi kerajaan Hindu terakhir dalam misi penyebaran Islam.
Lalu kapan tepatnya Islam masuk ke Bogor, tentu menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri. Penulusuran dapat dimulai melalui tempat yang menjadi pusat syiar dan tinggalan-tinggalan yang masih tersisa. Terdapat beberapa masjid yang dinyatakan tertua di Kota Bogor. Penelusuran akan berkembang juga pada perkembangan daerah sekitar dimana masjid berdiri.
Lokasi-lokasi masjid tersebut akan ditelusuri oleh beberapa kelompok yang berbeda, dimana setiap kelompok harus memiliki kemampuan jurnalistik, fotografi, videografi, dan disain grafis dalam mendukung proses pendokumentasian. Kemampuan inilah yang akan dipelajari bersama-sama pada awal kegiatan penelusuran.
Hasil penulusuran akan didokumentasikan bersama dalam bentuk seperti buku, film, ataupun dengan meng-upload pada media-media online. Kegiatan akan ditutup dengan pameran bersama pada salah satu ruang public yang berada di Kota Bogor.

 

NAMA KEGIATAN

“Menapak Identitas, Jejak Masjid Tua Kota Bogor”.

Dalam kegiatan-kegiatan Kampoeng Bogor, Menapak Identitas merupakan sebuah tajuk utama yang selalu dipakai. Sedangkan Jejak Masjid Tua Kota Bogor, merupakan tema kegiatan yang akan dilaksanakan. Sehingga terdapat tema-tema lain yang diharapkan dapat dimunculkan ke depan.
WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan akan dilaksanakan selama 7 hari yaitu pada tanggal 22 – 28 Agustus 2010. Jadwal pada hari pertama akan ditentukan, sedangkan pada hari-hari selanjutnya dimana peserta telah terbagi kelompok, jadwal dapat disesuaikan sesuai dengan kesepakatan di masing-masing kelompok. Jadwal kemudian akan ditentukan lagi pada hari terkahir dimana kegiatan akan diisi oleh kegiatan Pameran.
KEGIATAN UMUM
Pembekalan Teori, Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberi pembekalan kepada para peserta sebelum Tour lapangan dilakukan. Para peserta akan mendapatkan materi, sesuai dengan minat yang dipilihnya. Materi yang ditawarkan, antara lain:
a. Jurnalistik
b. Fotografi
c. Videografi
d. Design Grafis
Tour dan Orientasi Lapang, dalam kegiatan penelusuran jejak masjid-masjid Tua di Bogor, para peserta bersama pendamping akan melakukan:
a. Survei
b. Pendokumentasian (Hunting Foto dan Video)
Inventarisasi, Para peserta dan masing-masing pendamping akan membuat data-base mengenai penemuan di lapang dan hasil penelusuran jejak di lapang.
Produksi, Data-data yang diperoleh para peserta akan dikemas ke dalam media-media sesuai dengan materi pembekalan yang diperoleh para peserta di sesi awal kegiatan. Adapun hasil dari penelusuran ini akan dikemas menjadi Buku, Poster, Film, dan Pameran fotografi.
Pameran, Hasil produksi dari masing-masing kelompok akan di Pamerkan pada akhir kegiatan.
BIAYA PARTISIPASI & FASILITAS
Dalam proses kegiatan yang akan dilakukan, peserta dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut meliputi akses internet, computer (PC), printer, kertas HVS, dan secretariat bersama yang bisa dipakai aktifitas produksi karya ataupun menjadi tempat menginap jika dibutuhkan.
Dalam mendukung kegiatan dan fasilitas, maka diperlukan juga partisipasi peserta dalam pemenuhan operasional lain. Biaya yang dibebankan berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000,-, sehingga peserta dapat memilih kisaran biaya sesuai dengan kesanggupan masing-masing.
Biaya diatas tidak termasuk pengadaan konsumsi, peralatan dokumentasi (camera digital & handycam), dan transportasi.
PENDAFTARAN
Bagi masyarakat yang berminat, dapat mendaftarkan data diri secepatnya melalui:
Email Kampoeng Bogor: kampoengbogor@kampoengbogor.org
Twitter dengan mention/ DM kami di @kamp0engb0g0r(dengan angka “0”-nol untuk huruf “O”) dan cc ke @xuthiex
Selain data diri, peserta yang mendaftar harus juga menyebutkan dan memilih bidang yang diminati. Bidang tersebut meliputi, Fotografi, Videografi, Jurnalistik dan Disain Grafis.
Karena keterbatasan fasilitas dan sumber daya yang dimiliki serta untuk menjamin keefektifan kegiatan, maka peserta akan dibatasi dengan jumlah maksimal sebanyak 40 orang.
CATATAN
Khusus untuk Peserta dengan minat fotografi dan produksi film, diharapkan membawa perlengkapan sendiri (kamera atau alat perekam jenis apapun).

MENAPAK IDENTITAS SAAT RAMADHAN

Banyak hal tentunya yang dapat dilakukan dalam menapaki Ramadhan. Berbagai kegiatan positif menjadi harapan dalam memanfaatkan berkahnya suatu bulan. Kampoeng Bogor sebuah komunitas yang selama ini mengusung informasi sejarah Kota Bogor dalam mendorong kepedulian terhadap kondisi kota, tentunya ingin turut serta dala memanfaatkan momen tersebut.Bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, Kampoeng Bogor ingin menciptakan ruang untuk berbagi dan bersilaturahmi bagi masyarakat Bogor yang masih menaruh kepeduliannya terhadap Bogor untuk coba berkontribusi dalam pengayaan informasi sejarah di Kota Bogor. Informasi ini harapannya kemudian dapat diakses oleh sebanyak-banyaknya masyarakat Bogor, hingga mendorong kepedulian kondisi tinggalan sejarah dan kenyamanan kota ini ke depan.Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh para punggawa Kampoeng Bogor, kini bisa diikuti pula oleh para anggota, dan masyarakat yang berminat. Mereka baik para pelajar ataupun umum sangat memungkinkan untuk dapat mengikuti kegiatan ini.

JEJAK SYIAR ISLAM DI KOTA BOGOR
Perkembangan Islam di Kota Bogor tentunya tidak dapat terlepas dari proses penyebaran Islam di Indonesia. Mulai kedatangan para bangsa Arab dari Asia Tengah sampai peran para Wali yang telah berhasil mengembangkan Islam di Tanah Jawa. Kemudian menyisakan lah Pajajaran yang menjadi kerajaan Hindu terakhir dalam misi penyebaran Islam.Lalu kapan tepatnya Islam masuk ke Bogor, tentu menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri. Penulusuran dapat dimulai melalui tempat yang menjadi pusat syiar dan tinggalan-tinggalan yang masih tersisa. Terdapat beberapa masjid yang dinyatakan tertua di Kota Bogor. Penelusuran akan berkembang juga pada perkembangan daerah sekitar dimana masjid berdiri.Lokasi-lokasi masjid tersebut akan ditelusuri oleh beberapa kelompok yang berbeda, dimana setiap kelompok harus memiliki kemampuan jurnalistik, fotografi, videografi, dan disain grafis dalam mendukung proses pendokumentasian. Kemampuan inilah yang akan dipelajari bersama-sama pada awal kegiatan penelusuran.Hasil penulusuran akan didokumentasikan bersama dalam bentuk seperti buku, film, ataupun dengan meng-upload pada media-media online. Kegiatan akan ditutup dengan pameran bersama pada salah satu ruang public yang berada di Kota Bogor.

NAMA KEGIATAN
“Menapak Identitas, Jejak Masjid Tua Kota Bogor”.Dalam kegiatan-kegiatan Kampoeng Bogor, Menapak Identitas merupakan sebuah tajuk utama yang selalu dipakai. Sedangkan Jejak Masjid Tua Kota Bogor, merupakan tema kegiatan yang akan dilaksanakan. Sehingga terdapat tema-tema lain yang diharapkan dapat dimunculkan ke depan.

WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan akan dilaksanakan selama 7 hari yaitu pada tanggal 22 – 28 Agustus 2010. Jadwal pada hari pertama akan ditentukan, sedangkan pada hari-hari selanjutnya dimana peserta telah terbagi kelompok, jadwal dapat disesuaikan sesuai dengan kesepakatan di masing-masing kelompok. Jadwal kemudian akan ditentukan lagi pada hari terkahir dimana kegiatan akan diisi oleh kegiatan Pameran.

KEGIATAN UMUM
Pembekalan Teori, Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberi pembekalan kepada para peserta sebelum Tour lapangan dilakukan. Para peserta akan mendapatkan materi, sesuai dengan minat yang dipilihnya. Materi yang ditawarkan, antara lain:a. Jurnalistikb. Fotografic. Videografid. Design GrafisTour dan Orientasi Lapang, dalam kegiatan penelusuran jejak masjid-masjid Tua di Bogor, para peserta bersama pendamping akan melakukan:a. Surveib. Pendokumentasian (Hunting Foto dan Video)Inventarisasi, Para peserta dan masing-masing pendamping akan membuat data-base mengenai penemuan di lapang dan hasil penelusuran jejak di lapang.Produksi, Data-data yang diperoleh para peserta akan dikemas ke dalam media-media sesuai dengan materi pembekalan yang diperoleh para peserta di sesi awal kegiatan. Adapun hasil dari penelusuran ini akan dikemas menjadi Buku, Poster, Film, dan Pameran fotografi.Pameran, Hasil produksi dari masing-masing kelompok akan di Pamerkan pada akhir kegiatan.

BIAYA PARTISIPASI & FASILITAS
Dalam proses kegiatan yang akan dilakukan, peserta dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Fasilitas tersebut meliputi akses internet, computer (PC), printer, kertas HVS, dan secretariat bersama yang bisa dipakai aktifitas produksi karya ataupun menjadi tempat menginap jika dibutuhkan.Dalam mendukung kegiatan dan fasilitas, maka diperlukan juga partisipasi peserta dalam pemenuhan operasional lain. Biaya yang dibebankan berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000,-, sehingga peserta dapat memilih kisaran biaya sesuai dengan kesanggupan masing-masing.Biaya diatas tidak termasuk pengadaan konsumsi, peralatan dokumentasi (camera digital & handycam), dan transportasi.

PENDAFTARAN
Bagi masyarakat yang berminat, dapat mendaftarkan data diri secepatnya melalui:Email Kampoeng Bogor: kampoengbogor@kampoengbogor.orgTwitter dengan mention/ DM kami di @kamp0engb0g0r(dengan angka “0”-nol untuk huruf “O”) dan cc ke @xuthiexSelain data diri, peserta yang mendaftar harus juga menyebutkan dan memilih bidang yang diminati. Bidang tersebut meliputi, Fotografi, Videografi, Jurnalistik dan Disain Grafis.Karena keterbatasan fasilitas dan sumber daya yang dimiliki serta untuk menjamin keefektifan kegiatan, maka peserta akan dibatasi dengan jumlah maksimal sebanyak 40 orang.

CATATAN
Khusus untuk Peserta dengan minat fotografi dan produksi film, diharapkan membawa perlengkapan sendiri (kamera atau alat perekam jenis apapun).